Unsur
Intrinsik Novel Sang Pemimpi
Judul Novel : Sang Pemimpi
Karya : Andrea Hirata
Penerbit : PT. Bentang Pustaka Jln. Pandega Padma 19, Yogyakarta 55284
Tahun terbit : 2006
Jumlah halaman : 292 halaman, 20,5 cm
Karya : Andrea Hirata
Penerbit : PT. Bentang Pustaka Jln. Pandega Padma 19, Yogyakarta 55284
Tahun terbit : 2006
Jumlah halaman : 292 halaman, 20,5 cm
1. Sinopsis
Novel Sang Pemimpi menceritakan tentang sebuah kehidupan tiga orang anak Melayu Belitong yaitu Ikal, Arai, dan Jimbron yang penuh dengan tantangan, pengorbanan dan lika-liku kehidupan yang memesona sehingga kita akan percaya akan adanya tenaga cinta, percaya pada kekuatan mimpi dan kekuasaan Allah. Ikal, Arai, dan Jimbron berjuang demi menuntut ilmu di SMA Negeri Bukan Main yang jauh dari kampungnya. Mereka tinggal di salah satu los di pasar kumuh Magai Pulau Belitong bekerja sebagai kuli ngambat untuk tetap hidup sambil belajar.
Ada Pak Balia yang baik dan
bijaksana, beliau seorang Kepala Sekolah sekaligus mengajar kesusastraan di SMA
Negeri Bukan Main, dalam novel ini juga ada Pak Mustar yang sangat antagonis
dan ditakuti siswa, beliau berubah menjadi galak karena anak lelaki
kesayangannya tidak diterima di SMA yang dirintisnya ini. Sebab NEM anaknya ini
kurang 0,25 dari batas minimal. Bayangkan 0,25 syaratnya 42, NEM anaknya hanya
41,75.
Ikal, Arai, dan Jimbron pernah
dihukum oleh Pak Mustar karena telah menonton film di bioskop dan peraturan ini
larangan bagi siswa SMA Negeri Bukan Main. Pada apel Senin pagi mereka barisnya
dipisahkan, dan mendapat hukuman berakting di lapangan sekolah serta
membersihkan WC.
Ikal dan Arai bertalian darah. Nenek
Arai adalah adik kandung kakek Ikal dari pihak ibu,ketika kelas 1 SD ibu Arai
wafat dan ayahmya juga wafat ketika Arai kelas 3 sehingga di kampung Melayu
disebut Simpai Keramat. Sedangkan Jimbron bicaranya gagap karena dulu bersama
ayahnya bepergian naik sepeda tiba-tiba ayahnya kena serangan jantung dan
Jimbron pontang-panting membawa ayahnya panik. Ia sangat antusias sekali dengan
kuda, segala macam kuda ia tahu.
Ayah Ikal bekerja di PN Timah
Belitong, ayahnya pendiam tapi kasih sayangnya sangat besar, dia bersepeda ke
Magai 30 kilometer hanya untuk mengambil rapot anaknya di SMA Negeri Bukan
Main. Dan ibu Ikal menyiapkan baju safari ayah dengan menyalakan setrika arang
dan gesit memercikan air pandan dan bunga kenanga yang telah direndam semalam.
Ketika belajar di lapangan sekolah
Pak Mustar berkata : “Jelajahi kemegahan Eropa sampai ke Afrika yang eksotis.
Temukan berliannya budaya sampai ke Prancis. Langkahkan kakimu di atas altar
suci almamater terhebat tiada tara Sorbonne. Ikuti jejak-jejak Sartre, Louis
Pasteur, Montesquieu, Voltaire. Disanalah orang belajar science, sastar, dan
seni hingga mengubah peradaban”. Ikal dan Arai tak berkedip ketika Pak Balia memperlihatkan
gambar yang tampak seorang pelukis dibelakang kanvas berdiri menjulang Menara
Eiffel yang menunduk memerintahkan Sungai Seine agar membelah diri menjadi dua
tepat dikaki-kakinya.
Saat itulah mereka mengkristalkan
harapan agung dengan statement yang sangat ambisius : Cita-cita kami adalah
kami ingin sekolah ke Prancis! Ingin menginjakan kaki di altar suci almamater
Sorbonne, ingin menjelajah Eropa sampai ke Afrika.
“Kita tak’kan pernah nendahului
nasib!” Teriak Arai.
”Kita akan sekolah ke Prancis, menjelajahi Eropa sampai Afrika! Apapun yang terjadi!”
”Kita akan sekolah ke Prancis, menjelajahi Eropa sampai Afrika! Apapun yang terjadi!”
Dengan perjuangan hidup mesti serba
terbatas dan banyak rintangan Ikal dan Arai akhirnya diterima kuliah di
Universite de Paris, Sorbonne, Prancis. Sedangkan Jimbron tetap di Belitong
mengurusi kuda milik capo.
2. Kutipan bagian menarik
Dalam novel Sang Pemimpi ini bagian
menarik menurut saya yaitu ketika Arai, Ikal, dan Jimbron mendapat hukuman
membersihkan WC sekolah oleh Pak Mustar. Di bagian ini akan ditemukan kisah
yang kocak, tegang, serta menyentuh. Kita akan tahu arti persahabatan dimana
bisa berbagi suka dan duka. Kutipan ini antara lain :
Jimbron yang gagap ikhlas saja menerima hukuman Pak Mustar bahkan dengan ekspresi gembira mulutnya tidak berhenti berceloteh tentang berbagai macam kuda. Sementara nun tinggi di langit-langit WC ada manusia laba-laba spiderman Arai sedang merayapi plafon, tubuhnya diikat tali-temali.
Telingaku panas tapi aku diam saja.
Bertahun-tahun dekat denganku seharusnya dia tahu, aku diam pertanda marah. ”Tapi
yang lebih hebat adalah kuda Kanada, Kal. Bukan main binatang itu.
Aiiiiih...bukan main mamalia itu!! Kuda Kanada mandi salju pada suhu minus dua
puluh derajat, Kal!! Min..minus du..dua puluh derajat!! Kau dengar itu Kal?
Kalau kau mandi dalam suhu minus dua puluh derajat Kal, itulah mandimu yang
terakhir!”
Ingin aku menggosok gigi Jimbron
dengan sikat ubin WC ini, tapi aku masih sabar. ”Kuda balap..kuda
sembrani..kuda Jengish Khan..kuda India..tapal kuda..” Dan setiap aku mendengar
satu kata kuda, maka satu anak tangga aku naik ke puncak kemarahan. Suatu
kemarahan karena rasa bosan akan cerita kuda dari Jimbron yang telah kutahan
sejak dua jam yang lalu, sejak bertahun-tahun yang lalu. Kuda Jimbron adalah
tetesan air yang terus-menerus menghujam batu karang kesabaranku. Dan setelah
sekian tahun, siang ini batu karang itu retak, beberapa tetes air lagi ia akan
terbelah.
”..Kuda Persia..kuda Afrika..kuda
troya..diperkuda..kuda siluman..” Aku kelelahan dan stres. Aku tak tahan lagi
dengan siksaan hikayat kuda. Semua ini harus dihentikan hari ini, hari ini
juga!! ”Tapi kuda Australia!! Ya, kuda Aus..tra..lia, adalah yang terhebat dari
semua jenis kuda yang ada di muka bumi ini, Kal!! Kuda Aus..tra..lia best of
the best of the best of the best!! Hewan itu lebih tampan dari manusia!!”
Darahku mendidih. Aku mencapai
puncak emosi. “Yang dapat menandingi kuda Australia hanya kuda Arab, Kal!!
Tahukah kau mengapa pria jantan dijuluki kuda Arab?! Astaga Kal, kaki belakang
hewan itu seperti ada tiga!! Kau paham maksudku??!
Akhirnya, batu karang kesabaranku terbelah. Aku meledak.
”Diaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaammmm!!!” Aku bangkit, berteriak sekuat tenaga membentak Jimbron sambil membanting sikat gigi, lap, dan pahat.
Akhirnya, batu karang kesabaranku terbelah. Aku meledak.
”Diaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaammmm!!!” Aku bangkit, berteriak sekuat tenaga membentak Jimbron sambil membanting sikat gigi, lap, dan pahat.
Brughh!! Arai yang tengah
mengumpulkan kotoran kelelawar terperanjat. Jika tidak mengikatkan dirinya pada
balok plafon, dia sudah terhempas ke lantai. Kotoran kelelawar dari atas Arai
tumpah seperti hujan bubuk belerang menimpa kepala Jimbron yang berdiri
gemetar. ia tak mampu bergerak karena kaget pada gertakanku. ”Aku sudah muak,
Bron!! Muak!! Muak!! Muak dengan cerita kudamu itu! Apa tidak ada topik
lain,jiwamu sudah dirasuki setan kuda!!”
Jimbron berdiri mematung pucat
pasi.Ia seakan tak percaya aku tega membentaknya sekeras itu. Kejadian ini
terjadi refleks, sangat cepat di luar kendaliku. Kemarahan setinggi puncak
telah melukai hati Jimbron yang tak pernah dihardik dengan keras oleh pendeta
Geovanny yang telah membesarkannya dengan kehalusan budi dan tutur kata. Ikal
berdiri lemas merasa bersalah pada Jimbron, pada Arai, bahkan pada pendeta Geo.
Sambil kuelus-elus punggung, kubimbing ia berjalan menuju kantin sekolah
Jimbron tersedu sedan tanpa air mata, Jimbron terpukul.
“Maafkan aku, Bron..” kataku lembut.
kisah kuda ini sudah keterlaluan. Tidakkah kau ingat, sejak kita SD diajar
mengaji oleh Taikong Hanim, sejak itu tidak ada hal lain selain kuda? Kita
bukan SD lagi, kita sebentar lagi dewasa akil balig. Berarti semua perbuatan
kita telah di hisab oleh Allah dan Allah tidak suka yang berlebih-lebihan.
Jimbron terenyuh,wajahnya berangsur
cerah. Ikal menceritakan mimpi mereka sekolah di Prancis, merantau ke jawa dan
lainnya. Jimbron pun mulai tersenyum kecil, Jimbron telah mendapat pencerahan
sekaligus penyembuhan. Ikal telah mendobrak ruang pekat di kepalanya dimana ia
terkunci dalam perangkap obsesif kompulsif terhadap kuda. Ikal telah
membebaskan dari penderitaannya bertahun-tahun dari penyakit gila kuda.
Jimbron meraih tanganku, menyalamiku
dengan erat dan mengguncang-guncang tanganku. Senyumnya manis dan pasti. Ikal
terharu karena sudah banyak yang berusaha menyembuhkan Jimbron tapi gagal
semua. Bahkan Jimbron hampir dimandikan dengan kembang tujuh rupa untuk
menghilangkan bayang-bayang kuda yang terus menghantuinya.
Pada momen ini kami memahami bahwa
persahabatan kami yang lama dan lekat lebih dari saudara, berjuang senasib
sepenanggungan, bekerja keras bahu-membahu sampai titik keringat terakhir untuk
sekolah dan keluarga, tidur sebantal makan sepiring, susah senang bersama,
ternyata telah membuatkan maslahat yang tak terhingga bagi kami. Persahabatan
yang berlandaskan cinta kasih itu telah merajut ikatan batin yang demikian kuat
dalam kalbuku dan saking kuatnya sampai memiliki tenaga gaib penyembuhan.
”Ikal..!” panggilnya halus sekali,
penuh rahasia, dan bersemangat. Sebuah panggilan bermakna ungkapan terima kasih
yang besar karena aku telah menyelamatkannya, sekaligus mengandung permohonan
maaf yang tulus serta harapan. Ia sangat terharu terhadap kemampuan penyakit
gila kudanya yang telah kronis. ”Ya, Jimbron yang baik hati..” jawabku lembut
penuh kasih sayang. Rasanya ingin sekali aku memeluknya.
Dan bagian yang terharu ketika
berbulan-bulan Ikal dan Arai menunggu keputusan pengujian beasiswa. Lima belas
orang dari pelamar adalah peluang yang amt sempit. Kalaupun lulus pasti
universitasnya sama. Akhirnya tukang pos tiba, setelah magrib surat itu di buka
bersama-sama.
Aku beranjak membawa suratku dan duduk di rumah panggung kami. Ayah dan ibuku mengikutiku lalu duduk di kanan kiriku. Aku tak sanggup membuka surat itu maka kuserahkan pada ibuku, ayahku menunggu dengan gugup, aku memalingkan muka. Ibuku menbuka dengan berlinang air mata. Detik itu aku tahu aku diterima dengan lulus. Ayahku tersenyum bangga. Aku terbelalak ketika membaca nama universitas yang menerimaku. Alhamdulillah kata ibuku berulang-ulang.
Aku beranjak membawa suratku dan duduk di rumah panggung kami. Ayah dan ibuku mengikutiku lalu duduk di kanan kiriku. Aku tak sanggup membuka surat itu maka kuserahkan pada ibuku, ayahku menunggu dengan gugup, aku memalingkan muka. Ibuku menbuka dengan berlinang air mata. Detik itu aku tahu aku diterima dengan lulus. Ayahku tersenyum bangga. Aku terbelalak ketika membaca nama universitas yang menerimaku. Alhamdulillah kata ibuku berulang-ulang.
Begitu juga dengan Arai. Ikal
mengambil surat kelulusan Arai dan membaca kalimat demi kalimat dalam surat
surat keputusan yang dipegangnya dan jiwakun seakan terbang. Hari ini seluruh
ilmu umat manusia menjadi setitik air di atas samudra pengetahuan Allah. Hari
ini Nabi Musa membelah laut merah dengan tongkatnya, dan miliaran bintang
gemintang yang berputar dengan eksentrik yang bersilangan, membentuk lingkaran
episiklus yang mengelilingi miliaran siklus yang lebih besar, berlapis-lapis
tak terhingga di luar jangkauan akal manusia. Saemuanya tertata rapi dalam
protokol jagat raya yang diatur tangan Allah. Sedikit saja satu dari miliaran
episiklus itu keluar dari orbitnya, maka dalam hitungan detik semesta alam akan
meledak menjadi remah-remah.
Hanya itu kalimat yang dapat
menggambarkan bagaimana sempurnanya Tuhan telah mengatur potongan-potongan
mozaik hidupku dan Arai, demikian indahnya Tuhan bertahun-tahun telah memeluk
mimpi-mimpi kami, telah menyimak harapan-harapan sepi dalam hati kami, karena
di kertas itu tertulis nama universitas yang menerimanya, sama dengan
universitas yang menerimaku, di sana jelas tertulis : Universite de Paris, Sorbonne,
Prancis.
3. Unsur-unsur intrinsik
1. Tema
Novel ini memiliki tema tentang persahabatan dan perjuangan dalam mengarungi kehidupan serta kepercayaan terhadap kekuatan sebuah mimpi atau pengharapan.
Novel ini memiliki tema tentang persahabatan dan perjuangan dalam mengarungi kehidupan serta kepercayaan terhadap kekuatan sebuah mimpi atau pengharapan.
2. Amanat
Terdapat banyak amanat yang terkandung dalam novel ini diantaranya :
a. Kita harus percaya akan keagungan dan kekuasaan Allah SWT.
b. Menjalin persahabatan dengan baik, saling memahami kekurangan dan kelebihan masing-masing.
c. Pengorbanan harus dibarengi dengan kesabaran dan tetap optimis.
d. Gantungkan cita-cita setinggi langit.
e. Keterbatasan, kemiskinan bukan penghalang meraih cita-cita karena itu berusaha dan berdoa sangat diperlukan.
f. Saling membantu, menghargai kepada sesama.
Terdapat banyak amanat yang terkandung dalam novel ini diantaranya :
a. Kita harus percaya akan keagungan dan kekuasaan Allah SWT.
b. Menjalin persahabatan dengan baik, saling memahami kekurangan dan kelebihan masing-masing.
c. Pengorbanan harus dibarengi dengan kesabaran dan tetap optimis.
d. Gantungkan cita-cita setinggi langit.
e. Keterbatasan, kemiskinan bukan penghalang meraih cita-cita karena itu berusaha dan berdoa sangat diperlukan.
f. Saling membantu, menghargai kepada sesama.
3. Alur
Dalam novel ini menggunakan alur maju dan mundur. Alur maju ketika pengarang menceritakan dari mulai kecil sampai dewasa dan alur mundur ketika menceritakan peristiwa waktu kecil pada saat sekarang/dewasa.
Dalam novel ini menggunakan alur maju dan mundur. Alur maju ketika pengarang menceritakan dari mulai kecil sampai dewasa dan alur mundur ketika menceritakan peristiwa waktu kecil pada saat sekarang/dewasa.
4. Tokoh dan Watak
a. Ikal : baik hati, optimistis,
pantang menyerah, penyuka Bang Rhoma
b. Arai : pintar, penuh
inspirasi/ide baru, gigih, rajin, pantang menyerah
c. Jimbron : polos, gagap bicara,
baik, sangat antusias pada kuda
d. Pak Balia : baik, bijaksana,
pintar
e. Pak Mustar : galak, pemarah,
berjiwa keras
f. Ibu Ikal : baik, penuh kasih
sayang
g. Ayah Ikal : pendiam, sabar, penuh
kasih sayang
Dan tokoh lain Mahader, A Kiun, Pak Cik Basman, Taikong Hanim, Capo, Bang Zaitun, Pendeta Geovanny, Mak cik dan Laksmi adalah tokoh pendukung dalam novel ini.
Dan tokoh lain Mahader, A Kiun, Pak Cik Basman, Taikong Hanim, Capo, Bang Zaitun, Pendeta Geovanny, Mak cik dan Laksmi adalah tokoh pendukung dalam novel ini.
5. Latar/tempat dan Waktu
Dalam novel ini disebutkan latarmya
yaitu di Pulau Magai Balitong, los pasar dan dermaga pelabuhan, di gedung
bioskop, di sekolah SMA Negeri Bukan Main, terminal Bogor, dan Pulau
Kalimantan. Waktu yang digunakan pagi, siang, sore, dan malam.
6. Sudut Pandang
Pengarang Andrea Hirata menggunakan sudut pandang orang pertama (akuan) karena dalam novel ini lebih banyak menyebutkan Aku.
Pengarang Andrea Hirata menggunakan sudut pandang orang pertama (akuan) karena dalam novel ini lebih banyak menyebutkan Aku.
7. Gaya Penulisan
Novel ini ditulis dengan gaya realis bertabur metafora, penyampaian cerita yang cerdas dan menyentuh, penuh inspirasi dan imajinasi. Komikal dan banyak mengandung letupan intelegensi yang kuat sehingga pembaca tanpa disadari masuk dalam kisah dan karakter-karakter yang ada dalam novel Sang Pemimpi.
Novel ini ditulis dengan gaya realis bertabur metafora, penyampaian cerita yang cerdas dan menyentuh, penuh inspirasi dan imajinasi. Komikal dan banyak mengandung letupan intelegensi yang kuat sehingga pembaca tanpa disadari masuk dalam kisah dan karakter-karakter yang ada dalam novel Sang Pemimpi.
Novel sang pemimpi mengandung unsur nilai-nilai pendidikan,
sosial, dan religi.
D' situ d'tuliskan kisah nyata orang2 yang memiliki mimpi dan selalu memperjuangkannya. Mereka percaya bahwa dengan berusaha dan berdo'a, mereka bisa mencapai mimpinya tsb.
D' situ d'tuliskan kisah nyata orang2 yang memiliki mimpi dan selalu memperjuangkannya. Mereka percaya bahwa dengan berusaha dan berdo'a, mereka bisa mencapai mimpinya tsb.
3.2 Unsur Ekstrinsik
- Nilai Moral
Nilai moral pada novel ini sangat
kental. Sifat-sifat yang tergambar menunjukkan rasa humanis yang terang dalam
diri seorang remaja tanggung dalam menyikapi kerasnya
kehidupan. Di sini, tokoh utama digambarkan sebagai sosok remaja yang mempunyai perangai yang baik dan rasa setia kawan yang tinggi.
kehidupan. Di sini, tokoh utama digambarkan sebagai sosok remaja yang mempunyai perangai yang baik dan rasa setia kawan yang tinggi.
- Nilai Sosial
Ditinjau dari nilai sosialnya, novel
ini begitu kaya akan nilai sosial. Hal itu dibuktikan rasa setia kawan yang
begitu tinggi antara tokoh Ikal, Arai, dan Jimbron. Masing-masing saling
mendukung dan membantu antara satu dengan yang lain dalam mewujudkan
impian-impian mereka sekalipun hampir mencapai batas kemustahilan. Dengan
didasari rasa gotong royong yang tinggi sebagai orang Belitong, dalam keadaan
kekurangan pun masih dapat saling membantu satu sama lain.
- Nilai Adat istiadat
Nilai adat di sini juga begitu
kental terasa. Adat kebiasaan pada sekolah tradisional yang masih mengharuskan
siswanya mencium tangan kepada gurunya, ataupun mata pencaharian warga yang
sangat keras dan kasar yaitu sebagai kuli tambang timah tergambar jelas di
novel ini. Sehingga menambah khazanah budaya yang lebih Indonesia.
- Nilai Agama
Nilai agama pada novel ini juga
secara jelas tergambar. Terutama pada bagian-bagian dimana ketiga tokoh ini
belajar dalam sebuah pondok pesantren. Banyak aturan-aturan islam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar